Pekanbaru Ber-asap

Tahu kan ikan sale, itu loh ikan yang diasap, enak banget kalau digulai. Nah sekarang ini kotaku ini sekarang ber-asap, kami sedang diasapi.

Timbulnya asap ini karena adanya kebakaran hutan atau lahan, penyebabnya bisa saja terjadi karena lahan atau hutan itu memang terbakar dengn sendirinya, pas musim kemarau, pas dahan atau ranting yang keting saling bergesekan sehingga menimbulkan api atau memang ulang sekelompok orang yang goblog, bodoh yang dengan sengaja membakar lahan untuk ditanami tanaman sawit, karet, dsb. 

Kalau memang itu disengaja, sungguh sangat merugikan sekitar, memang dari segi biaya jelas sangat murah, karena tidak diperlukan tenaga untuk membuka lahan tersebut. Beda apabila membuka lahan dengan cara mekanis atau dengan mengunakan alat berat.

Apa tidak dipikir oleh mereka yang membuka lahan dengan cara dibakar ini bahwa dampak yang ditimbulkan sangat besar? Polusi udara, keselamatan berkendara, penerbangan tertunda, dan yang paling besar adalah timbulnya penyakit dari dampak kebakaran ini. Salain itu sekolah yang diliburkan karena asap ini. Apa tidak terfikir olehnya anak-anak yang menghirup asap ini? 

Apakah kita akan terus menghadapi bencana asap seperti ini terus? Mana peran pemerintah? Seharusnya pelaku pembakaran ini dihukum mati saja, biar bisa menimbulkan efek jera. #weneedfreshair

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s